Selasa, 19 Maret 2013

Tips Sukses Sidang Tugas Akhir


Tugas Akhir  seakan menjadi puncak perjuangan perkuliahan seorang mahasiswa. betapa tidak Dalam semua tahap pengerjaan tugas akhir, mahasiswa dituntut untuk mengerahkan semua potensi diri agar mencapai akhir kelulusan seorang mahasiswa.



proses panjang  melalui tahap memilih judul dilanjutkan dengan penelitian atau riset, pengerjaan progam sampai bimbingan, tibalah saatnya mempertanggungjawabkan semua yang sudah kita kerjakan . Mungkin bahasanya terlalu sadis, “mempertanggungjawabkan”, tapi itulah adanya.hhaha..h arap harap cemas, kamu  anda  bertanggung jawab terhadap apa yang sudah dikerjakan dalam tugas akhir anda. liat foto saya diatas, bener-bener penuh dengan kesiapan untuk mempelajari materi-materi yang akan saya presentasikan.
Dalam menghadapi sidang Tugas Akhir, saya berikan kiat-kiat agar anda lancar selama sidang Tugas Akhir. saya masih ingat soalnya belum lama ini saya sidang Tugas Akhir dan berhasi.
1. Persiapkan Kebutuhan Presentasi Anda Sematang-matangnya
Presentasi menjadi pintu anda untuk membuat dosen penguji tersenyum atau mempermudah langkah anda ke langkah berikutnya/ Mempersiapkan semua kebutuhan presentasi itu sangat mutlak diperlukan sebelum menghadapi sidang. Persiapkan materi, Tools yang akan dipake buat  sidang jauh-jauh hari sebelum anda menghadapi hari H. Ketinggalan satu atau salah dengan hal sekecil apapun perlengkapan waktu hari H akan sangat mengganggu konsentrasi anda dan akan menghancurkan rasa percaya diri anda.
2. Latihan Presentasi
Latihan presentasi membuat anda dapat memberikan anda gambaran bagaimana suasana sidang tugas akhir yang anda hadapi. Apalagi jika anda memakai laptop atau komputer sendiri. Kesempatan mencoba setting proyektor akan banyak membantu anda waktu sidang.
3. Fokus terhadap Batasan Masalah dan Pencapaian Anda
Pada saat sidang tugas akhir, seringkali dosen penguji bertanya di luar konteks dan batasan pengerjaan tugas akhir anda ini adalah salah satu dari ciri-ciri Dosen Killer. Misalnya jika tugas akhir anda membangun sebuah perangkat lunak, dosen mungkin bertanya apakah bisa menjalankan fitur A,B,C yang kadangkala berada di luar batasan di proposal anda atau dosen juga menguji anda diluar kemampuan anda seperti saat anda membuat animasi maka Action Scriptnya pun dipertanyakan. Maka, disini, anda harus memahami betul-betul dan sejauh mana pencapaian anda, sehingga anda bisa memberikan jawaban yang tepat. Kalau memang sesuatu yang anda buat tidak bisa mengcover apa yang diinginkan dosen penguji, anda harus tegas berkata “tidak”. Bersyukur sekali saya tidak mengalami hal seperti itu. semua pertanyaan saya jawab dengan kalimat penyanggah untuk menguatkan opini jawaban saya. Hal yang saya alami waktu sidang adalah pertanyaan Dosen yang memutar-mutar pada satu bahasan, padahal jawaban nya bisa dengan satu makna. 
4. Hal-hal utama yang sangat Menentukan
Dosen penguji di ruangan sidang anda adalah penentu kelulusan . Sebagai manusia biasa, dosen penguji anda tidak dapat sepenuhnya bebas dari menilai anda secara subyektif. Bangunlah kesan baik saat pertama ketika anda memasuki ruangan sidang ucapkan salam dan selalu memberikan senyuman yang positif. Jika dosen penguji belum mempersilakan anda masuk atau melakukan apapun, sebaiknya anda diam atau kalau sudah terlalu lama, ada baiknya anda meminta izin untuk mempersiapkan presentasi. Ketika presentasi dimulai sapalah semua yang ada dalam ruangan untuk menunjukkan penghormatan anda.
5. Bangga dan percaya diri terhadap Semua yang Anda Kerjakan
Seberapapun tingkat kesuksesan pengerjaan tugas akhir anda, ceritakanlah semua dengan antusias kepada penguji mulai detail pengerjaan dari pengajuan judul hingga di Acc oleh Dosen untuk mempersiapan Progam disidang . Tugas akhir yang sudah anda kerjakan dengan susah payah, layak untuk diapresiasi, karna seyogyanya Tugas Akhir itu adalah bagian dai usaha kerja keras kita dan banyak memakan waktu dan beban pikiran. Dan orang pertama  yang harus mengapresiasi adalah diri anda sendiri. Kalau memang ada ketidaksesuaian dengan proposal yang anda ajukan, ceritakan beserta alasan dan analisa yang logis dari kegagalan anda. Penguji paling tidak akan menganggap anda sudah banyak belajar dari tugas akhir yang anda kerjakan.
6. Siapkan segala Langkah dan Rencana
Tidak bakal ada yang tahu apa yang akan terjadi waktu anda presentasi. Bisa jadi laptop anda ngeblank atau ngadat ,poyektor anda mati. Persiapkan semua rencana cadangan. Dan jika anda mengalami sesuatu hal yang buruk dengan presentasi anda, jangan panik. Segera katakan masalah anda ke penguji.
7. Grogi itu Manusiawi
Grogi menjelang sidang adalah hal yang lumrah dan biasa. Ini menunjukkan bahwa anda serius menghadapinya. Tapi, bukan berarti anda harus larut dalam rasa grogi anda. Tidak ada pilihan lain kecuali menghadapi rasa grogi anda dan buktikan hasil kerja keras anda !
8. Berdoa dan berdoa
Setelah semua usaha sudah siap, saatnya anda mempersiapkan sisi spiritual anda. Berdoa, berdzikir sebelum sidang akan banyak membantu menenangkan diri anda. Percayalah pada pertolongan Allah atas diri anda,didalam hati yang kuat terdapa tenaga yang hebat untuk mencapai kesuksesan jika selalu diiringi dengan doa dan sholat untuk selalu meminta petunjuk-Nya.

Semoga bermanfaat......dan sukses selalu..........

Ditulis Oleh : Unknown ~ Tulisan Infoku ~

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Tips Sukses Sidang Tugas Akhir . Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::